BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Membaca
Al-Quran Dengan Tajwid
Dalam membaca Al-Quran agar dapat
mempelajari, membaca dan memahami isi dan makna dari tiap ayat Al-Quran yang
kita baca, tentunya kita perlu mengenal, mempelajari ilmu tajwid yakni
tanda-tanda baca dalam tiap huruf ayat Al-Quran. Guna tajwid ialah sebagai alat
untuk mempermudah, mengetahui panjang pendek, melafazkan dan hukum dalam
membaca Al-Quran.
Tajwīd (تجويد) secara harfiah
mengandung arti melakukan sesuatu dengan elok dan indah atau bagus dan
membaguskan, tajwid berasal dari kata ” Jawwada ” (جوّد-يجوّد-تجويدا)
dalam bahasa Arab. Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari
tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid
adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara melafazkan atau mengucapkan
huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Quran maupun Hadist dan lainnya.
Dalam ilmu tajwid dikenal beberapa
istilah yang harus diperhatikan dan diketahui dalam pembacaan Al-Quran,
diantaranya :
1. Makharijul huruf, yakni tempat
keluar masuknya huruf
2. Shifatul huruf, yakni cara
melafalkan atau mengucapkan huruf
3. Ahkamul huruf, yakni hubungan antara
huruf
4. Ahkamul maddi wal qasr, yakni
panjang dan pendeknya dalam melafazkan ucapan dalam tiap ayat Al-Quran
5. Ahkamul waqaf wal ibtida’, yakni
mengetahui huruf yang harus mulai dibaca dan berhenti pada bacaan bila ada
tanda huruf tajwid
6. dan Al-Khat dan Al-Utsmani
Arti lainnya dari ilmu tajwid adalah
melafazkan, membunyikan dan menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan sempurna
dari tiap-tiap bacaan dalam ayat Al-Quran. Menurut para Ulama besar menyatakan
bahwa hukum bagi seseorang yang mempelajari tajwid adalah Fardhu Kifayah, yakni
dengan mengamalkan ilmu tajwd ketika memabaca Al-Quran dan Fardhu ‘Ain atau
wajib hukumnya baik laki-laki atau perempuan yang mu’allaf atau seseorang yang
baru masuk dan mempelajari Islam dan KitabNya.
Mengenal, mempelajari dan
mengamalkan ilmu tajwid berserta pemahaman akan ilmu tajwid itu sendiri
merupakan hukum wajib suatu ilmu yang harus dipelajari, untuk menghindari
kesalahan dalam membaca ayat suci Al-Quran dan melafazkannya dengan baik dan
benar sehingga tiap ayat-ayat yang dilantunkan terdengar indah dan sempurna.
Berikut ini ada dalil atau
pernyataan shahih dari Allah SWT yang mewajibkan setiap HambaNya untuk membaca
Al-Quran dengan memahami tajwid, diantaranya :
·
Dalil
pertama di ambil dari Al-Quran. Allah SWT berfirman dalam ayatNya yang artinya
“Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan/tartil (bertajwid)”[QS:Al-Muzzammil
(73): 4]. Ayat ini jelas menunjukkan bahwa Allah SWT memerintahkan Nabi
Muhammad untuk membaca Al-Quran yang diturunkan kepadanya dengan tartil, yaitu
memperindah pengucapan setiap huruf-hurufnya (bertajwid).
·
Dalil
kedua diambil dari As-Sunnah ( Hadist ) yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah
r.a.(istri Nabi Muhammad SAW), ketika beliau ditanya tentang bagaimana bacaan
Al-Quran dan sholat Rasulullah SAW, maka beliau menjawab: ”Ketahuilah bahwa
Baginda S.A.W. Sholat kemudian tidur yang lamanya sama seperti ketika beliau
sholat tadi, kemudian Baginda kembali sholat yang lamanya sama seperti ketika
beliau tidur tadi, kemudian tidur lagi yang lamanya sama seperti ketika beliau
sholat tadi hingga menjelang shubuh. Kemudian dia (Ummu Salamah) mencontohkan
cara bacaan Rasulullah S.A.W. dengan menunjukkan (satu) bacaan yang menjelaskan
(ucapan) huruf-hurufnya satu persatu.” (Hadits 2847 Jamik At-Tirmizi).
·
Dalil
ketiga diambil dari Ijma atau pendapat para ulama besar Islam. Yakni
kesepakatan para ulama yang dilihat dari zaman Rasulullah SAW hingga sampai
saat ini, yang menyatakan bahwa membaca Al-Quran dengan ber-Tajwid merupakan
hukum atau sesuatu yang fardhu dan wajib.
Oleh karena itu membaca Al-qur’an
haruslah diperhatikan tadjwidnya agar tidak terjadi kesalahan makna saat
membaca Al-qur’an, kebanyakan orang tidak mementingkan makhraj dan tadjwid saat
membaca Al-quran .
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Al Syamsiyah
Al Syamsiyah
disebut juga Idgham Syamsiyah.
Dikatakan Idgham Syamsiyah karena
suara Alif lam di idghamkan ke dalam huruf Syamsiyah
yang ada dihadapannya, sehingga suara alif lam menjadi lebur karena dimasukkan
dengan huruf Syamsiyah tersebut.
Adapun huruf syamsiyah jumlahnya ada empat belas, yaitu :
ت ث د ذ ر
ز س ش ص ض ط ظ ل ن
Contoh
:
َالتَّكَاثُرُ اَ لثُّلُثُ اَلدّ َهْرُ اَلذِّ ْكُر
اَلرَّ حْمنُ
اَلسَّمَاءِ اَلنَّعِيْمِ اَلشَّيْطنُ
Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif
lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari
huruf-huruf syamsiyah. Syamsiah artinya seperti matahari
Cara
membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun)
ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam
huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka
hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan idgam samsyiah
2.
Al Qamariyah
Al qamariyah
disebut juga Izhar Qomariyah. Al Qamariyah
harus dibaca jelas dan terang. Alif Lam yang dirangkaikan dengan salah satu
huruf Qamariyah maka Alif Lam harus dibaca jelas. Adapun
huruf Qamariyah jumlahnya ada empat
belas, yaitu :
ب ج ح خ ع غ
ف ق ك م و غ ه ء ي ا
Contoh
:
اَلْاَحَدُ
اَلْحَمْدُ اَلمَقَابِرُ اَلْيَقِيْنِ اَلهُدَى
اَلجَحِيْمِ
اَلقَارِعَةَ اَلْفُرْقَانَ اَلْغَفُوْرُ اَلْكُفْرَ
Al”
Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang
diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Qamariyah artinya seperti
Bulan
Cara
membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam
sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar
Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ)
Syamsiah
|
ﺕ
|
ﺙ
|
ﺩ
|
ﺫ
|
ﺭ
|
ﺯ
|
ﺱ
|
ﺵ
|
ﺹ
|
ﺽ
|
ﻁ
|
ﻅ
|
ﻝ
|
ﻥ
|
t
|
t
|
d
|
d
|
r
|
z
|
s
|
l
|
n
|
||||||
Qamariah
|
ء
|
ﺏ
|
ﺝ
|
ﺡ
|
ﺥ
|
ﻉ
|
ﻍ
|
ﻑ
|
ﻕ
|
ﻙ
|
ﻡ
|
ﻭ
|
ﻱ
|
ه
|
b
|
f
|
q
|
k
|
m
|
w
|
y
|
h
|
|||||||
B. Perbedaan Al – Syamsiyah
dan Al Qamariyah
1. Al Syamsiyah
Penulisan
Al Syamsiyah menggunakan tanda
tasydid (ﹽ) pada huruf Syamsiyah yang
berada di depan Alif Lam.
Contoh
: اَلذِّكْرُ اَلتَّكَاثُرُ اَلثُّلُثُ
2. Al Qamariyah
Penulisan
Al Qamariyah memakai tanda sukun ( )
pada huruf lam
Contoh
:
اَلْاَحَد اَلْحَمْدُ اَلقَارِعَةَ
C.
Contoh-contoh Bacaan Al-Syamsiyah dan Al- Qamariyah
Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.
No.
|
Tertulis
|
Dibaca
|
Keterangan
|
||
1.
|
الطَّالِبُ
|
اَطْ طَاآلِبُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ط
|
2.
|
الثَّــمَارَاتِ
|
اَثْ ثَمَـارَاتِ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ث
|
3.
|
الصَّـفْرَةُ
|
اَصْ صَفْرَةُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ص
|
4.
|
الرَّزَّاقُ
|
اَرْ رَزَّاقُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ر
|
5.
|
التَّـغَـابُنُ
|
اَتْ تَـغَـابُنُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ت
|
6.
|
الضَّـلَالَـةُ
|
اَضْ ضَـلاَلَـةُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ض
|
7.
|
اَلذِّكْرُ
|
اَذْ ذِكْرُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ذ
|
8.
|
الـنَّـمْـلُ
|
اَنْ نَـمْـلُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ن
|
9.
|
الـدِّيْـنُ
|
اَدْ دِيْـنُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
د
|
10.
|
السَّـارِقُ
|
اَسْ سَـارِقُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
س
|
11.
|
الظَّـاهِــرُ
|
اَظْ ظَــاهِــرُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ظ
|
12.
|
الزُّمَــرُ
|
اَزْ زُمَــرُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ز
|
13.
|
الشَّـيْطَانُ
|
اَشْ شَيْــطَـانُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ش
|
14.
|
اللُّــؤْلُ
|
اَلْ لَـــؤْلُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ل
|
Contoh-contoh bacaan “Al”
Qamariyah.
No.
|
Tertulis
|
Dibaca
|
Keterangan
|
||
1.
|
الْاَمِــيْنُ
|
اَلْ اَمِــيْنُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
أ
|
2.
|
الْــبَـلَدُ
|
اَلْ بَلَدُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ب
|
3.
|
الــغُــلَامُ
|
اَلْ غُــلَامُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
غ
|
4.
|
الْــحَــمْدُ
|
اَلْ حَـمْدُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ح
|
5.
|
الْـجَـامِــعَةُ
|
اَلْ جَـامِــعَةُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ج
|
6.
|
الْـكَــرِيْـمَةُ
|
اَلْ كَرِيْمَـةُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ك
|
7.
|
اْلوَلَدُ
|
اَلْ وَلَدُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
و
|
8.
|
الْـخَـيْرَاتُ
|
اَلْ خَـيْرَاتُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
خ
|
9.
|
اَلفَــلَّاحُ
|
اَلْ فَـلَّاحُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ف
|
10.
|
الْــعُــلَـــمَاءُ
|
اَلْ عُلَمَــاءُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ع
|
11.
|
اَلقَبْــرُ
|
اَلْ قَــبْـرُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ق
|
12.
|
الْــيَــقِيْنُ
|
اَلْ يَــقِيْنُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ي
|
13.
|
الْـمَوْتُ
|
اَلْ مَوْتُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
م
|
14.
|
الْــهِـــدَايَـةُ
|
اَلْ هِـــدَايَـةُ
|
اَلْ
|
bertemu
dengan huruf
|
ه
|
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Membaca
Al-qur’an haruslah benar sesuai dengan makraj dan tadjwidnya agar tidak terjadi
kesalan makna dalam membaca Al-qur’an . maka dari itu kita harus memperdalam
ilmu tadwid diantaranya adalah pemahaman tentang Alif lam Syamsiyah dan Alif
lam Qamariyah.
Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai
dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf
syamsiyah. Syamsiah artinya seperti matahari
Cara
membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun)
ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam
huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka
hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan idgam samsyiah
Al”
Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang
diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Qamariyah artinya seperti
Bulan
Cara
membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam
sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan
Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ)
Daftar Pustaka
1. Robingan, 2009, Buku PAI SMP 1
, Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka
2. Ziyad, dkk, 2007, Buku PAI
SMP kelas VII. 3. Buku PAI SMP Kls. VII CV. Duta Karya Ilmu. Jakarta.
4. Buku Pelajaran Tajwid.
Saya masih baelum faham maaf kalau komntar saya ini menyakitkan buat anda...
BalasHapusCukup jelas, sangat memmbantu saya menjelaskan ke anak saya, terima kasih banyak
BalasHapusTerima kasih banyak, untuk jawabannya
BalasHapusAda singkatan gak buat mempercepat penggafalan?
BalasHapusKontol babeh mu warna apa
BalasHapus